Brazing dan Perlengkapan Las Asitilin


Brasing adalah penyambungan dua buah logam atau lebih, baik itu logam sejenis maupun tidak sejenis dengan menggunakan bahan tambah yang titik cairnya jauh lebih rendah dibanding dengan titik cair logam yang akan disambung dengan menggunakan temperature yang rendah. Brasing dapat pula disebut soldering. Welding adalah penyambungan dua buah logam atau lebih baik itu logam sejenis maupun yang tidak sejenis dengan menggunakan alat pemanas yang temperaturnya sangat tinggi sehingga dapat mencairkan kedua logam tersebut dan dapat menyatukan kedua logam tersebut.

Perlengkapan untuk brasing maupun untuk welding pada dasarnya sama, hanya berbeda pada proses pengerjaannya saja, karena yang banyak dihadapi dalam pekerjaan mesin pendingin adalah pekerjaan brasing maka untuk kesempatan ini kita mencoba membahas bagaimana cara-cara melakukan proses brasing tersebut. Dimana cara penyambungan pipa dengan system brasing ini akan relatif lebih murah jika dibandingkan dengan istem flaring,terlebih jika pipa yang akan dikerjakan/disambung berdiameter di atas ¾ “, dimana untuk ukuran ini system flaring sudah tidak praktis lagi untuk digunakan.
Pada umumnya sumber panas yang digunakan untuk brasing maupun welding adalah sama yang berasal dari hasil pembakaran bahan campuran Oksigen – Asetilin (Oxigen-acetylene) yang dikemas dalam tabung yang berbeda,
Hal yang harus diperhatikan/dipahami adalah mengetahui fungsi¬fungsi dan langkah-langkah pengoperasian dari alat-alat tersebut di atas. Perlengkapan Las oksiasetilin terdiri dari:

a.Silinder Asetilin
Silinder asetilin adalah tabung yang terbuat dari logam baja yang didalamnya selain berisi gas asetilin juga berisi bahan berpori seperti kapas, sutra tiruan, atau asbes yang berfungsi sebagai penyerap aseton yang merupakan bahan dimana asetilin dapat larut dengan baik dan aman dibawah pengaruh tekanan.
Botol ini dapat berisi antara 40-60 liter gas asetilin. Bentuk botol pendek gemuk. Tekanan isinya mencapai 15 kg/cm. Untuk membuka katupnya digunakan kunci sok. Baut dan mur pengikatnya menggunakan system ulir kiri. Warna botol merah
Petunjuk dalam praktek :
1.Hindarkan botol asetilin ini dari botol oksigen
2.Lindungi botol asetilin ini dari terik matahari dan panas
3.Usahakan jangan sampai jatuh atau kejatuhan benda lain
4.Hindarkan dari tempat-tempat yang berminyak
5.Pemakaian gas harus selalu melalui regulator
6.Bukalah regulatornya bila tidak digunakan
7.Jangan merubah tanda-tanda yang ada pada regulator
8.Tempatkan silinder ini berdiri tegak
9.Bila silinder asetilin tiba-tiba menjadi panas, segeralah tutup katup
silindernya, kemudian siramlah dengan air sampai dingin
10.Dilarang merokok selama berdekatan dengan asetilin

b.Silinder oksigen
Silinder oksigen terbuat dari bahan baja. Bentuknya tinggi langsing. Mempunyai tekanan isi maksimum 150 kg/cm. Baut serta mur pengikatnya adalah ulir kanan. Botol ini berisi zat asam (O2) sekitar 40 – 60 liter. Warna botol biru atau hitam.
Petunjuk dalam praktek :
1.Jauhkan silinder oksigen dengan silinder asetilin
2.Tutuplah katup silinder oksigen ini, buang gasnya hingga manometer tekanan kerja
menunjukan angka nol, bila pengelasan telah selesai atau istirahat.
3.Ikatlah silinder oksigen ini dengan kokoh pada kereta dorong waktu dipindah-
pindahkan
4.Bukalah dahulu regulatornya dari sislinder oksigen, Bila terpaksa memindahkan
oksigen tanpa kereta
5.Bersihkanlah tempat kerja pada radius kurang lebih 8 meter sebelum memulai
kegiatan mengelas
6.Tempatkan alat pemadam kebakaran pada tempat yang mudah dicapai.
c.Regulator silinder gas

Regulator merupakan perlengkapan silinder las dan pengatur tekanan isi menjadi tekanan kerja yang tetap besarnya sesuai yang dikehendaki oleh operator las.
Pada regulator terdapat 2 (dua) buah alat pengukur tekanan : manometer tekanan isi dan manometer tekanan kerja.
Tekanan isi sampai 30 kg/cm, Tekanan kerja sampai 3 kg/cm

e.Nyala api las
Memilih atau menentukan nyala api las yang dipergunakan merupakan bagian yang penting pada pengelasan dengan asetilin. Pembakaran yang telah terjadi dapat menimbulkan nyala api yang berbeda beda bentuk dan warnanya. Pada praktek pengelasan ada 3 (tiga) jenis nyala api yang dipergunakan, yaitu :
1.Nyala karburasi
Nyala karburasi adalah nyala api las yang berlebihan asetilinnya. Nyala api ini
dipergunakan pada proses pengelasan batang- batang permukaan yang keras.
2.Nyala Netral
Nyala api dimana pengaturan pengeluaran oksigen dan asetilin seimbang. Nyala api
ini sering dipergunakan pada pengelasan : baja, baja tahan karat, aluminium dan
tembaga.
3.Nyala oksidasi
Nyala api las yang berlebihan zat asamnya. Nyala oksidasi ini dapat terjadi dengan
mengurangi pengeluaran asetilin setelah nyala netral. Nyala api ini biasa
dipergunakan untuk pengelasan kuningan atau perunggu

Perlengkapan Las
Perlengkapan las Oxy – Acetylene tekanan tinggi yang terdiri dari
1.Tabung asetilin
2.Tabung Okigen
3.Pipa hembus dengan pipa pancarnya
4.Regulator tekanan asetilin
5.Regulator tekanan oksigen
6.Pipa karet atau selang (house)
7.Satu set kunci ring/kunci sok
8.Kaca mat alas
9.Pemantik/penyulut api (flint lighter)
10.Batang kawat las
11.Fluks (borak)
12.Trolly (roda dorong)

Perakitan peralatan Las dan Pengoperasiannya
1.Simpanlah kedua tabung pada roda secara tegak lurus, dimana tabung hitam adalah tabung Oksigen dan tabung berwarna merah bata adalah tabung asetilin
2.Pasanglah ujung-ujung pipa karet/slang pada pipa hembus dan ujung yang lainnya pasangkan pada regulator. Ikatlah dengan menggunakan klem pengikat, dimana selang yang berwarna merah untuk asetilin dan selang berwarna hitam atau hijau untuk saluran oksigen.
3.Bersihkan permukaan ulir cylinder valve dan regulator yang akan disambung dari kotoran oli atau gemuk
4.Bukalah kran pada tabung oksigen sedikit saja untuk mengeluarkan kotoran yang ada pada saluran, begitu pula untuk tabung asetilin lalu tutup kembali
5.Pasanglah regulator oksigen pada tabung oksigen dengan catatan bahwa ulir sekrup regulator oksigen adalah ulir kanan
6.Pasanglah regulator asetilin pada tabung asetilin dengan catatan bahwa ulir sekrup regulator asetilin adalah ulir kiri
7.Keraskan dengan menggunakan kunci, lalu periksalah semua kran atau valve semuanya harus dalam keadaan tertutup
8.Pasanglah pipa pancar sesuai kebutuhan.
9.Bukalah kran tabung secara perlahan-lahan satu putaran saja, agar tidak merusak meter regulator, ini berlaku untuk kedua tabung tersebut, maka disini akan terlihat meter regulator menunjukan isi/volume tabung itu sendiri
10.Aturlah kran regulator asetilin maupun oksigen secara perlahan-lahan sehingga didapatkan tekanan yang sesuai dengan kebutuhan dengan melihat meter tekanan saluran keluar. Untuk kran regulator oksigen maupun asetilin untuk membuka saluran arah putaran kanan dan menutup arah putaran kiri.
11.Bukalah kran asetilin dan oksigen yang ada pipa hembus (blow pipe) sedikit saja, lalu nyalakan dengan menggunakan penyulut api
12.Setelah menyala aturlah nyala apinya dengan mengatur lagi kran yang ada di pipa hembus, sehingga didapatkan nyala api yang sesuai dengan kebutuhan. Adapun bentuk nyala api yang ada pada systim pengelasan adalah ada 3 (tiga) jenis, sebagai berikut : Nyala oksidasi, Nyala Netral dan Nyala karburasi.
13.Pengelasan siap untuk dikerjakan dan jangan lupa memakai kacamata las untuk pengaman
14.Jika pengelasan telah selesai, matikanlah nyala api dengan menutup kran asetilin yang ada pada pipa hembus terlrbih dahulu setelah itu baru tutup kran oksigen
15.Tutuplah keran yang ada pada kedua tabung, lalu bukalah kran yang ada pada pipa hembus untuk mengeluarkan asetilin dan oksigen yang tersisa.
16.Tutuplah semua kran yang ada
17.Bukalah regulator dari tabungnya
18.Gulung kembali selang supaya rapih dan simpan semua peralatan pada tempatnya.

Cara Pengelasan (brasing)
Brasing (penyolderan) adalah salah satu cara penyambungan 2 (dua) buah logam atau banyak yang sejenis maupun tidak sejenis dengan menggunakan bahan tambah yang titik cairnya jauh lebih rendah dibanding logam yang akan disambungnya, jadi brasing dapat juga disebut pengelasan dengan alat pemanas dengan temperature rendah. Untuk pengelasan pipa tembaga bahan tambah yang digunakan adalah kawat las silver, untuk pengelasan penyambungan besi atau baja misalnya untuk kondensor digunakan kawat las kuningan, untuk menyambung bahan aluminium digunakan kawat las platinum 52.

Cara pengelasan pipa:
1.Bersihkanlah kedua ujung bagian pipa yang akan disambung dari kotoran baik itu oli dan kotoran lainnya dengan menggunakan kertas ampelas dan kain kering,
2.Ujung pipa yang telah dibersihkan tadi taburlah dengan borak/fluks yang sesuai dengan jenis bahan tambah/kawat las yang akan dipergunakan.
3.Masukanlah ujung pipa yang telah dilabur tadi ke dalam lubang pipa yang satunya (socket) secara tepat dan benar¬benar lurus seperti yang diperlihatkan pada gambar berikut.
4.Lakukan pengelasan dengan nyala api yang sesuai. Untuk penyambungan pipa tembaga digunakan nyala netral (netral flame), adapun cara pemanasannya dimana nyala apinya jangan terlalu dekat dengan benda yang akan di las kira-kira 1 s.d. 2 cm dengan sudut kemiringan kira-kira 30 s.d. 40 derajat dari benda kerja. Lakukanlah pemanasan yang merata pada semua bidang. Jika pemanasannya sudah merata (ditandai perubahan warna pipa tembaga menjadi berpijar kemerah¬merahan) berilah bahan tambah pada salah satu titik saja di tepi sambungan. Dimana jika pemanasannya baik maka bahan tambah tadi akan mengalir ke seluruh bidang yang akan dilas. Khusus untuk penyambungan aluminium dengan bahan tambah platinum 52, fluks yang telah dilaburkan pada permukaan ujung pipa yang akan di las tidak boleh terkena nyala api (flame) secara langsung, dan dipergunakan nyala api dengan suhu yang rendah dengan menggunakan pipa hembus yang kecil. Atau pembakarnya bisa diganti dengan menggunakan Brander torch.
5.Setelah selesai pengelasan dinginkan pipa dengan menggunakan kain basah dan bersihkanlah dengan menggunakan kain lap seperti halnya diperlihatkan dibawah ini.



Keselamatan Dalam Pekerjaan Welding
Pekerjaan welding melibatkan gas yang mudah terbakar, logam yang sangat panas, dan factor lain yang mana diperlukan pengkajian/pemahaman aturan dasar keselamatan dan karenanya hal yang berbahaya bagi seseorang harus kita hindari yang dapat menimbulkan kerugian dan kerusakan pada peralatan.
Ketika suatu kecelakaan terjadi saat melakukan pengelasan peralatan, berkaitan dengan operator yang teledor/kurang hati-hati dalam menangani suatu pekerjaan.
Prosedur yang harus dilakukan saat mengelas adalah :
1.Gunakan kacamata las
2.Nyalakan mulut brander menggunakan penyulut api/batu api secara hati-hati dengan
tidak bersentuhan langsung.
3.Jangan meneteskan minyak pelumas di atas silinder atau regulator, ini dapat
menimbulkan ledakan.
4.Selalu memelihara peralatan dalam keadaan baik. Gantilah pipa karet yang sudah
rusak, memakai peralatan yang dalam keadaan rusak sangat berbahaya.
5.Meyakinkan semua komponen adalah baik dan melihat kemungkinan kebocoran gas.
Jangan menggunakan nyala api untuk menguji kebocoran.
6.Tidak menggunakan tekanan gas oksigen untuk membersihkan debu yang menempel pada
pakaian atau benda kerja.
7.Memastikan bahwa daerah kerja cukup berventilasi, meskipun demikian tidak
diperlukan sirkulasi udara berlebihan

Dikarenakan temperature tinggi diperlukan pada saat pengelasan dengan perak (silver), nyala api harus diarahkan jauh dari solenoida, shutt-off valves, driers dan peralatan lainnya yang dapat menimbulkan kerusakan pada peralatan tersebut akibat pemanasan berlebih. Lepaskan terlebih dahulu komponen-komponen yang sensitive/mudah rusak akibat pemanasan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar